1.1..a.9. Koneksi
Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Durasi : 1 JP (45 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu membuat
kesimpulan dan refleksi pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari dari
pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Pada fase ini Anda diajak untuk meninjau
ulang keseluruhan materi dari Pembelajaran 1 hingga Pembelajaran 6 dan
memperkuat koneksi antar materi yang sudah Anda pelajari.
Untuk memudahkan Bapak/Ibu CGP dalam
merajut pemahaman dari berbagai materi, ada dua penugasan yang
perlu dilakukan. Kedua penugasan tersebut adalah sintesis dari
berbagai materi yang sudah dipelajari dan rancangan tindakan untuk
Aksi Nyata.
1. Sintesis berbagai materi
- Buatlah sebuah bentuk media
informasi untuk menggambarkan kaitan antara materi-materi dalam
modul ini, dan juga kaitan dengan dengan modul-modul yang sudah Anda
pelajari sebelumnya. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan kreativitas
Anda. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video,
rekaman audio, presentasi infografis, atau artikel dalam blog.
- Bacalah pertanyaan-pertanyaan
panduan berikut untuk membantu Anda membuat kaitan tersebut.
- Apa yang saya percaya tentang
murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?
- Apa yang berubah dari pemikiran
atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini?
- Apa yang bisa segera saya
terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?
- Unggahlah media
informasi yang telah dibuat pada kegiatan ini.
2. Rancangan tindakan
Setelah melihat keterkaitan antara
berbagai materi, Anda tentu memiliki perspektif yang lebih luas yang dapat
memperkaya Anda dalam membuat perubahan di kelas atau sekolah. Pada tahapan
pembelajaran setelah ini, Anda akan diminta untuk melakukan sebuah tindakan
sebagai implementasi dari pemahaman yang sudah didapat. Sebagai persiapan
melakukan Aksi Nyata tersebut, buatlah rancangan sederhana dengan
membuat dan mengisi bagan seperti berikut:
Rancangan
Tindakan untuk Aksi Nyata
Judul Modul : Refleksi
Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara
Nama Peserta :
Saiful Jamil
![]() |
||||||
![]() |
||||||
![]() |
||||||
![]() |
||||||
![]() |
||||||
![]() |
![]() |
Unggahlah bagan yang telah
dibuat pada kegiatan ini.
Rancangan Tindakan untuk Aksi
Nyata |
Latar Belakang: (Apa yang mendasari anda membuat rancangan ini?) Pembelajaran di masa pandemi
membuat semua pembelajaran dilaksanakan dengan cara Pembelajaran Jarak jauh
(PJJ) yang akhirnya menharuskan guru
untuk berinovasi bagaimana caranya agar pembelajaran tetap berlangsung. Salah
satu metode yang digunakan dalami PJJ ini adalah dengan cara daring,
kendati pembelajaran daring ini terkadang membuat guru merasa kesulitan
tentang bagaimana menerapkan pembelajaran yang tidak hanya memberikan
pengetahuan saja melainkan memberikan pendidikan ketaatan beribadah dan
penerapan budi pekerti baik di rumah dan dilingkungannya sebagai salah satu
profil pelajar pancasila. Dalam penerapannya tentu saja ada beberapa
kendala yang dihadapi seperti minimnya sarana berupa gawai dan keterbatasan
kuota internet, seorang gurupun harus mampu menyikapi dengan berbagai cara
agar peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran dengan mendapatkan
sarana tersebut salahsatunya dengan melakukan kerjasama dengan para alumni
dan masyarakat yang bertetangga dengan peserta didik tersebut. Pembelajaran
yang biasa dilaksanakan adalah dengan memberikan materi berupa buku dan
cenderung penargetan terselesasikannya materi yang ada dalam buku tanpa ada
tindak lanjut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun
pembelajaran dilaksanakan dengan secara daring, pembelajaran harus
memperhatikan kebermaknaan baik dalam proses dan juga hasil yang ingin
dicapai sehingga berguna dalam kesehariannya yaitu membuat rancang ajar
mengamali dengan mengalami, dengan nama “Jaring Teri” akronim dari
Pembelajaran Daring dengan Tema Sehari-hari. |
Judul Modul
: 1.1.A.9 Koneksi antar Materi
–Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran
Ki Hajar Dewantara
Nama Peserta
: Saiful Jamil |
Linimasa tindakan yang akan
dilakukan: 1. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 30 November 2020 2. Guru merancang pembelajaran yang dituangkan dalam RPP tema 3
tentang hak dan kewajiban 3. Guru membuat petunjuk kegiatan pembelajaran melalui google
formulir 4. Guru membuat
tautan google formulir yang telah siap dibagikan secara daring melalui whatsapp group yang telah dibuat 5. Guru memberikan ruang pertanyaan kepada siswa tentang materi
yang akan dipelajari 6. Siswa mulai membaca petunjuk yang ada pada tautan untuk
diikuti 7. Dengan pemahaman siswa tentang petunjuk, siswa membuat tabel
jadwal aktifitasnya sehari-hari pada buku tugasnya masing-masing 8.
Siswa melakukan
kegiatan pembelajaran dengan mengirim bukti foto diri dalam setiap kegiatan
yang telah ia jadwalkan melalui whatsapp
group dan atau langsung diupload pada google formulir yang telah
disediakan, 9.
Guru memberikan umpan
balik terhadap aktifitas siswa melalui whatsapp group, 10.
Guru memantau isian
kegiatan siswa pada laman respon spreed
sheet yang telah dikerjakan, 11.
Guru memberikan
apresiasi kepada siswa tentang kegiatan yang sudah dilaksanakan, 12.
Guru memberikan
pengayaan tentang arti pentingnya materi tersebut melalui wahtsapp group |
Tujuan: (Apa dampak yang pada murid
ingin dilihat dari rancangan tindakan ini?) Dengan menggunakan metode “Jaring teri” (Pembelajaran Daring
denganTema Sehari-hari) ; 1.
Siswa dapat mengamali
dengan mengalami semua materi yang telah diajarkan, 2. Siswa dapat memaknai semua pembelajaran dengan menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari. 3. Siswa dapat mempraktikkan contoh yang dilakukan secara
langsung antara hak dan kewajiban di rumah dalam kehidupan sehari-hari. |
Tolok Ukur: (Bukti apa yang dapat dijadikan
indikator bahwa tindakan ini berjalan dengan baik?) Melalui pembelajaran
“Jaring Teri” siswa dapat mempraktikkan hak dan kewajibannya dalam
konteksnya pada kegiatan sehari-hari baik di rumah dan lingkungan
sekitarnya yang berdasar pada profil pelajar pancasila yaitu, ketaatan
kepada Tuhan YME dan berbudi pekerti yang luhur. |
Dukungan yang dibutuhkan : (Apa saja bahan, alat, atau tenaga yang
anda butuhkan untuk menjalankan tindakan? Bagaimana anda mendapatkannya?) 1. Kerjasama dengan masyarakat dan alumni yang rumahnya
berdekatan dengan siswa yang tidak memiliki gawai 2. Membuat rancang pembelajaran daring yang bisa diakses oleh
beberapa siswa yang tidak memiliki gawai dengan 1 gawai pinjaman dari
alumni dan masyarakat 3. Kerjasama dengan para orang tua tentang pemahaman materi yang dibuat Cara: 1. Menghubungi alumni dan masyarakat tentang kesanggupan
meminjamkan gawai saat pembelajaran berlangsung 2. Membuat aplikasi pembelajaran yang mudah diakses |
No comments:
Post a Comment
Terimakasih telah memberikan komentarnya