Kamis, 19 Agustus 2021

1.1..a.9. Koneksi Antar Materi

 

1.1..a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Durasi : 1 JP (45 menit)

Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu membuat kesimpulan dan refleksi pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Pada fase ini Anda diajak untuk meninjau ulang keseluruhan materi dari Pembelajaran 1 hingga Pembelajaran 6 dan memperkuat koneksi antar materi yang sudah Anda pelajari. 

Untuk memudahkan Bapak/Ibu CGP dalam merajut pemahaman dari berbagai materi, ada dua penugasan yang perlu dilakukan. Kedua penugasan tersebut adalah sintesis dari berbagai materi yang sudah dipelajari dan rancangan tindakan untuk Aksi Nyata.

1. Sintesis berbagai materi

  • Buatlah sebuah bentuk media informasi untuk menggambarkan kaitan antara materi-materi dalam modul ini, dan juga kaitan dengan dengan modul-modul yang sudah Anda pelajari sebelumnya. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan kreativitas Anda. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, presentasi infografis, atau artikel dalam blog.
  • Bacalah pertanyaan-pertanyaan panduan berikut untuk membantu Anda membuat kaitan tersebut.
  1. Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?

 

  1. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini? 

 

  1. Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?  

 

  • Unggahlah media informasi yang telah dibuat pada kegiatan ini.

2. Rancangan tindakan

Setelah melihat keterkaitan antara berbagai materi, Anda tentu memiliki perspektif yang lebih luas yang dapat memperkaya Anda dalam membuat perubahan di kelas atau sekolah. Pada tahapan pembelajaran setelah ini, Anda akan diminta untuk melakukan sebuah tindakan sebagai implementasi dari pemahaman yang sudah didapat. Sebagai persiapan melakukan Aksi Nyata tersebut, buatlah rancangan sederhana dengan membuat dan mengisi bagan seperti berikut:

 

 

 

 

 

Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata

Judul Modul : Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara

Nama Peserta : Saiful Jamil

 

Rectangle: Rounded Corners: Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata
Rectangle: Rounded Corners: Judul Modul       : Jaring Teri (Pembelajaran Daring dengan Tema Sehari-hari)
Nama Peserta    : Saiful Jamil
Rectangle: Rounded Corners: Latar Belakang: 
(Apa yang mendasari anda membuat rancangan ini?)
Pembelajaran daring karena dalam masa pandemi 
Kepemilikan sarana yang minim 
Pembelajaran masih konvensional 
Pembelajaran dengan cara mengamali dengan mengalami
Rectangle: Rounded Corners: Linimasa tindakan yang akan dilakukan:
1.	Memulai penjajakan pendapat orang tua siswa dengan kuisioner tentang bagaimana agar pembelajaran tetap berlangsung (Tripusat 1, November  Minggu Ke- 1) 
2.	Bekerjasama dengan alumni dan masyarakat  yang memiliki gawai (Tripusat 2, November  Minggu Ke-2)
3.	Merancang aplikasi pembelajaran daring (November Minggu Ke-3)
4.	Menerapkan pembelajaran daring tema sehari-hari yang dikaitkan melalui tema  materi dalam kehidupan sehari-hari dengan merdeka belajar dengan asas trikon (November Minggu Ke-4, dst)
Rectangle: Rounded Corners: Tujuan: 
(Apa dampak yang pada murid ingin dilihat dari rancangan tindakan ini?)
1.	Pembelajaran tidak hanya teori yang tertuang dalam buku tetapi lebih kepada penerapan dalam kehidupan sehari-hari 
2.	Peserta didik  diberikan kebebasan menerapkan pembelajaran sesuai aktifitasnya dalam kehidupan sehari-hari
Rectangle: Rounded Corners: Tolak Ukur: 
(Bukti apa yang dapat dijadikan indikator bahwa tindakan ini berjalan dengan baik?)
1.	Peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran di tengah masa pandemi 
2.	Peserta didik mendapatkan pembelajaran  yang tidak terlalu formatif dan membosankan 
3.	Peserta didik mendapatkan kebebasan belajar sesuai dengan aktifitasnya dengan memperhatikan kurikulum 
4.	Peserta didik mampu menunjukkan aktifitasnya  sehari-hari dengan mendokumentasikannya dalam jadwal dan foto kegiatan Rectangle: Rounded Corners: Dukungan yang dibutuhkan 
(Apa saja bahan, alat, atau tenaga yang anda butuhkan untuk menjalankan tindakan? Bagaimana anda mendapatkannya?)
1.	Kerjasama dengan masyarakat dan alumni yang rumahnya berdekatan dengan siswa yang tidak memiliki gawai 
2.	Membuat rancang pembelajaran daring yang bisa diakses oleh beberapa siswa dengan 1 gawai 
3.	Kerjasama dengan para orang tua tentang  pemahaman materi yang dibuat 
Cara:
1.	Menghubungi alumni dan masyarakat tentang kesanggupan meminjamkan gawai saat pembelajaran berlangsung 
2.	Membuat pembelajaran yang  mudah diakses
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Unggahlah bagan yang telah dibuat pada kegiatan ini.

 

Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata

 

Latar Belakang:

(Apa yang mendasari anda membuat rancangan ini?)

 Pembelajaran di masa pandemi membuat semua pembelajaran dilaksanakan dengan cara Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) yang  akhirnya menharuskan guru untuk berinovasi bagaimana caranya agar pembelajaran tetap berlangsung. Salah satu metode yang digunakan dalami PJJ ini adalah dengan cara daring, kendati pembelajaran daring ini terkadang membuat guru merasa kesulitan tentang bagaimana menerapkan pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan saja melainkan memberikan pendidikan ketaatan beribadah dan penerapan budi pekerti baik di rumah dan dilingkungannya sebagai salah satu profil pelajar pancasila. Dalam penerapannya tentu saja ada beberapa kendala yang dihadapi seperti minimnya sarana berupa gawai dan keterbatasan kuota internet, seorang gurupun harus mampu menyikapi dengan berbagai cara agar peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran dengan mendapatkan sarana tersebut salahsatunya dengan melakukan kerjasama dengan para alumni dan masyarakat yang bertetangga dengan peserta didik tersebut. Pembelajaran yang biasa dilaksanakan adalah dengan memberikan materi berupa buku dan cenderung penargetan terselesasikannya materi yang ada dalam buku tanpa ada tindak lanjut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun pembelajaran dilaksanakan dengan secara daring, pembelajaran harus memperhatikan kebermaknaan baik dalam proses dan juga hasil yang ingin dicapai sehingga berguna dalam kesehariannya yaitu membuat rancang ajar mengamali dengan mengalami, dengan nama “Jaring Teri” akronim dari Pembelajaran Daring dengan Tema Sehari-hari.

 

Judul Modul       : 1.1.A.9 Koneksi antar Materi –Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran  Ki Hajar Dewantara                                           

Nama Peserta    : Saiful Jamil

 

 

Linimasa tindakan yang akan dilakukan:

1.       Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 30 November 2020

2.       Guru merancang pembelajaran yang dituangkan dalam RPP tema 3 tentang hak dan kewajiban

3.       Guru membuat petunjuk kegiatan pembelajaran melalui google formulir

4.       Guru membuat tautan google formulir yang telah siap dibagikan secara daring  melalui whatsapp group yang telah dibuat

5.       Guru memberikan ruang pertanyaan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari

6.       Siswa mulai membaca petunjuk yang ada pada tautan untuk diikuti

7.       Dengan pemahaman siswa tentang petunjuk, siswa membuat tabel jadwal aktifitasnya sehari-hari pada buku tugasnya masing-masing

8.       Siswa melakukan kegiatan pembelajaran dengan mengirim bukti foto diri dalam setiap kegiatan yang telah ia jadwalkan melalui whatsapp group dan atau langsung diupload pada google formulir yang telah disediakan,

9.       Guru memberikan umpan balik terhadap aktifitas siswa melalui whatsapp group,

10.   Guru memantau isian kegiatan siswa pada laman respon spreed sheet yang telah dikerjakan,

11.   Guru memberikan apresiasi kepada siswa tentang kegiatan yang sudah dilaksanakan,

12.   Guru memberikan pengayaan tentang arti pentingnya materi tersebut melalui wahtsapp group

Tujuan:

(Apa dampak yang pada murid ingin dilihat dari rancangan tindakan ini?)

Dengan menggunakan metode “Jaring teri” (Pembelajaran Daring denganTema Sehari-hari) ;

1.       Siswa dapat mengamali dengan mengalami semua materi yang telah diajarkan,

2.       Siswa dapat memaknai semua pembelajaran dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

3.       Siswa dapat mempraktikkan contoh yang dilakukan secara langsung antara hak dan kewajiban di rumah dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tolok Ukur:

(Bukti apa yang dapat dijadikan indikator bahwa tindakan ini berjalan dengan baik?)

Melalui pembelajaran “Jaring Teri” siswa dapat mempraktikkan hak dan kewajibannya dalam konteksnya pada kegiatan sehari-hari baik di rumah dan lingkungan sekitarnya yang berdasar pada profil pelajar pancasila yaitu, ketaatan kepada Tuhan YME dan berbudi pekerti yang luhur.

Dukungan yang dibutuhkan :

(Apa saja bahan, alat, atau tenaga yang anda butuhkan untuk menjalankan tindakan? Bagaimana anda mendapatkannya?)

1.       Kerjasama dengan masyarakat dan alumni yang rumahnya berdekatan dengan siswa yang tidak memiliki gawai

2.       Membuat rancang pembelajaran daring yang bisa diakses oleh beberapa siswa yang tidak memiliki gawai dengan 1 gawai pinjaman dari alumni dan masyarakat

3.       Kerjasama dengan para orang tua tentang  pemahaman materi yang dibuat

Cara:

1.       Menghubungi alumni dan masyarakat tentang kesanggupan meminjamkan gawai saat pembelajaran berlangsung

2.       Membuat aplikasi pembelajaran yang  mudah diakses

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentarnya

Rakor 17 Mei 2024

Undangan Rakor KS Lomba-lomba FLS2N Prov (daring) Unggah video maksimal 30 Juni 2024 OSN Uji coba 20 Mei Pelaksanaan tingkat kabupaten, 27-2...