Kamis, 19 Agustus 2021

1.1..a.10. Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah

 

1.1..a.10. Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah

Durasi : 1 JP (45 menit)

Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu mendokumentasikan penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara di kelas dan sekolah.

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERRDEKA, Bapak/Ibu CGP akan mendapat kesempatan untuk menjalankan rancangan yang sudah dibuat pada tahap Koneksi Antarmateri. Anda memiliki durasi empat (4) minggu untuk menjalankan rancangan tersebut. Selama menjalankan Aksi Nyata, dokumentasikanlah proses yang terjadi, terutama pada tahapan-tahapan yang Anda anggap penting. Dokumentasi dapat berupa foto atau video. Setelah empat minggu, Anda diminta untuk mengunggah dua dokumen berikut sebagai portofolio Anda:

  1. Rancangan Aksi Nyata, berupa perencanaan tindakan yang sudah diperbaiki berdasarkan umpan balik dari fasilitator. Dokumen rancangan harus diberi nama mengikuti format berikut: PGP-Angkatan-Wilayah-Nama lengkap CGP-Kode Modul-Rancangan Aksi. Contoh: PGP-1-Kota Tual-Paramitha Rahayu-1.1-Rancangan Aksi.
  2. Artikel Refleksi, ditulis dalam bentuk pengolah kata, misalnya Microsoft Word. Artikel harus diberi nama mengikuti format berikut: PGP-Angkatan-Wilayah-Nama lengkap CGP-Kode Modul-Aksi Nyata. Contoh: PGP-1-Kabupaten Landak-Fredy Mardeni-1.1-Aksi Nyata
    Artikel tersebut berisi:

    • Latar belakang tentang situasi yang dihadapi oleh Calon Guru Penggerak 
    • Deskripsi Aksi Nyata yang dilakukan, berikut alasan mengapa melakukan aksi tersebut 
    • Hasil dari Aksi Nyata yang dilakukan 
    • Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan (kegagalan maupun keberhasilan)
    • Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang
    • Dokumentasi proses dan hasil pelaksanaan berupa foto-foto atau video-video singkat berikut caption/narasi singkat nya. Anda dapat juga menambahkan ‘testimoni’ dari rekan guru dan murid yang terlibat dalam proses perubahan yang Anda lakukan.

Catatan:

  • Pada saat pendampingan individu di bulan berikutnya, pendamping akan berdiskusi dengan Anda mengenai proses implementasi. Pendamping juga akan memberikan penilaian dengan rubrik yang terdiri dari komponen berikut: pemikiran reflektif, analisis proses dan keterkaitan dengan pembelajaran.
  • Selain mengunggah dalam LMS, Anda juga dianjurkan untuk membagikan artikel Aksi Nyata dalam media lain, seperti blog pribadi atau mengirimkannya ke laman Guru Berbagi (https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/). Setelah mempublikasikan artikel tersebut, salinlah tautannya pada kolom berikut agar CGP lain dapat memberikan masukan/kritik yang membangun.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentarnya

Rakor 17 Mei 2024

Undangan Rakor KS Lomba-lomba FLS2N Prov (daring) Unggah video maksimal 30 Juni 2024 OSN Uji coba 20 Mei Pelaksanaan tingkat kabupaten, 27-2...