1.1..a.7. Demonstrasi
Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya
Durasi : 1 JP (45
menit)
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta menuangkan
pemahamannya atas pemikiran KHD dalam konteks perannya sebagai guru dan interaksinya
dengan siswa dan warga sekolah.
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Anda akan membuat sebuah karya (video
pendek, komik, lagu, puisi, poster, infografis dll) sebagai bentuk
konkret pemahaman Anda terhadap pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
Karya Anda menjadi sebuah demonstrasi pemahaman Anda tentang pemikiran Ki
Hadjar Dewantara sesuai dengan konteks kelas dan sekolah asal Anda.
Sebagai gambaran, metafora atau perlambang dapat
menjadi salah satu cara yang efektif untuk memahami sebuah konsep yang rumit.
Filosofi KHD mengenai asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem tata
surya, di mana murid digambarkan sebagai planet yang mengorbiti matahari
(simbol nilai kemanusiaan) dalam garisnya masing-masing. Setiap planet
berevolusi dengan kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti
bergerak (Syahril, 2018). Selain metafora, cara lain untuk
mengabadikan pemahaman dan pengalaman belajar kita adalah dengan karya seni.
Jadi, mengapa kita tidak menciptakan sesuatu yang menarik mengenai filosofi
pendidikan KHD? Membuat lagu, puisi, gambar, poster metafora, atau karya apapun
tentu akan menyenangkan.
Instruksi Penugasan:
1. Buatlah
satu karya teks atau verbal atau visual (video
pendek/komik/lagu/puisi/poster/infografis) untuk menggambarkan pengetahuan dan
pemahaman Anda mengenai pemikiran filosofis KHD dalam konteks
Anda sebagai guru, interaksi dengan murid dan warga sekolah.
pengetahuan dan pemahaman mengenai pemikiran
filosofis KHD dalam konteks sebagai guru, interaksi dengan
murid dan warga sekolah.
Sebagai guru saya memahami bahwasanya pembelajaran dilakukan
dengan merdeka, bebas dari segala unsur
kehendak subjektif yang memaksa pada sesuatu yang bersimpangan dengan kodrat
peserta didik, dan dengan menerapkan sikap dan sifat “penghambaan diri pada
anak” adalah sesuatu yang harus diwujudkan dalam rangka melayani kebutuhannya
sebagai manusia yang memiliki kodrat alam dan kodrat zaman, dan untuk
mewujudkan hal itu harus bekerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti kepala sekolah,
guru lainnya, komite sekolah dan warga sekolah lainnya yang terkait dengan
mengedepankan asas trikon. Tertuang dalam puisi http://bit.ly/puisijatidirikinikembali_CGPsaifuljamil_2020
2. Karya
itu merupakan sebuah perumpamaan yang Anda gunakan sebagai wujud kontekstual
pemahaman Anda terhadap pemikiran-pemikiran KHD.
Puisi : Puisi di sini
No comments:
Post a Comment
Terimakasih telah memberikan komentarnya