Kamis, 02 Mei 2024

1 Nilai Upaya Refleksi Guru pada Pengelolaan Kinerja PMM

Nilai Upaya Refleksi Guru 1

Tantangan paling sulit yang guru hadapi dalam melakukan perubahan: 

Pilihan Belajar: 

pertama melihat kemampuan peserta didik dalam memahami pelajaran, 

Kedua menyiapkan bahan,media dan strategi dan ketiga apa yang menjadi kebutuhan peserta didik dalam memahami pelajaran PMM: 

pertama observasi siswa, kesepakatan dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik Kesadaran guru ketika berefleksi: 

1. Sadar tantangan dan penyebabnya berada di luar kendali diri Menjelaskan penyebab tantangan yang berasal dari faktor eksternal (sarana prasarana, anggaran, koneksi sinyal, dll).

2. Sadar tantangan dan penyebabnya berada di dalam kendali diri Menjelaskan penyebab tantangan yang berasal dari kemampuan atau keterbatasan dirinya, bukan dari faktor eksternal.

3. Sadar tantangan dan penyebabnya berada di dalam kendali diri serta dampaknya Menjelaskan penyebab tantangan yang berasal dari kemampuan atau keterbatasan dirinya, bukan dari faktor eksternal. Menjelaskan dampak kualitas pembelajaran yang dirasakan murid disertai data, bukti lapangan, riset, atau Rapor Pendidikan. 

Apa penjelasan terhadap 3 penilaian tersebut di atas?

Penjelasan terhadap ketiga penilaian tersebut adalah sebagai berikut:

1.    1. Tantangan dan penyebab di luar kendali diri: Guru menyadari bahwa beberapa tantangan dalam mengimplementasikan perubahan pembelajaran berasal dari faktor-faktor eksternal yang tidak sepenuhnya dapat mereka kendalikan, seperti ketersediaan sarana prasarana yang memadai, anggaran yang memadai, koneksi internet yang stabil, dan sebagainya. Guru memahami bahwa meskipun mereka berusaha semaksimal mungkin, tetapi beberapa faktor ini dapat menjadi hambatan yang sulit untuk diatasi.

       2. Tantangan dan penyebab di dalam kendali diri: Guru menyadari bahwa ada tantangan yang berasal dari kemampuan atau keterbatasan diri guru sendiri. Ini mencakup kurangnya materi referensi sumber pembelajaran atau keterampilan dalam mengelola pembelajaran yang efektif, kurangnya kreativitas dan inovasi dalam menyusun bahan dan strategi pembelajaran, kurangnya kemampuan untuk beradaptasi dengan kebutuhan individu peserta didik. Guru mengakui bahwa harus terus berupaya untuk meningkatkan diri dan mengatasi keterbatasan tersebut.

3    3. Tantangan dan penyebab di dalam kendali diri serta dampaknya: Guru tidak hanya menyadari tantangan yang berasal dari diri mereka sendiri, tetapi juga memahami dampak dari tantangan tersebut terhadap kualitas pembelajaran yang dirasakan oleh murid. Guru mungkin menyertakan data, bukti lapangan, riset, atau laporan pendidikan untuk mendukung klaim ini. Guru mengakui bahwa tantangan internal yang mereka hadapi tidak hanya memengaruhi kinerja sebagai pendidik, tetapi juga secara langsung memengaruhi pengalaman belajar peserta didik. Oleh karena itu, mereka merasa terdorong untuk terus memperbaiki diri dan mengatasi tantangan tersebut demi meningkatkan kualitas pembelajaran.


 SELANJUTNYA PENILAIAN KE-2 KLIK INI

TINGGALKAN JEJAK PADA KOLOM KOMENTAR UNTUK MEMBERIKAN TANGGAPAN, KRITIK, SARAN, DAN DISKUSI PERBAIKAN, TERIMAKASIH...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentarnya

Rakor 17 Mei 2024

Undangan Rakor KS Lomba-lomba FLS2N Prov (daring) Unggah video maksimal 30 Juni 2024 OSN Uji coba 20 Mei Pelaksanaan tingkat kabupaten, 27-2...