Thursday, August 19, 2021

1.1..a.3. Mulai dari Diri - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

 


Durasi : 1 JP (45 menit)
Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus:  Peserta mampu membuat refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Kegiatan ini merupakan kegiatan pembuka dari seluruh rangkaian materi belajar di Program Pendidikan Guru Penggerak. Pada kegiatan ini, Anda akan melakukan sebuah refleksi diri sejauh mana Anda mengenal dan memahami Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD). Sejauh ini Anda sudah sering mendengar kata kata seperti budi pekerti, ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri handayani yang menjadi jiwa dari pendidikan nasional. Oleh sebab itu, pada tahap awal ini, Anda akan berdialog dengan diri Anda sendiri untuk menemukan pemikiran mendasar Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan peran Anda sebagai pendidik’.


Silahkan klik tombol   yang ada dibawah ini untuk memulai kegiatan.

Mulai dari Diri

Sebagai pemantik proses refleksi tersebut, mari kita ingat-ingat kembali pengalaman ketika kita bersekolah. Jawaban pertanyaan berikut tidak perlu ditulis namun tetap perlu direnungkan dan dilakukan dengan sungguh-sungguh. 

  1. Pengalaman apa saja yang membuat Anda semangat bersekolah, atau sebaliknya, kehilangan motivasi? 
  2. Momen apa saja yang membuat Anda merasa berkembang sebagai seorang pembelajar?
  3. Siapa sosok guru yang menginspirasi Anda? 
  4. Apa saja pengalaman yang berkesan bersama guru tersebut?   
  5. Pernahkah Anda menduplikasi atau mengadaptasi yang dilakukan oleh guru tersebut di kelas yang Anda ampu?

Selanjutnya, Anda diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia di bawah terkait pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD). Anda diminta untuk menuliskan jawaban minimum 100 kata dan maksimum 150 kata untuk setiap pertanyaan.

Selamat kepada CGP hebat,  yang telah melakukan refleksi diri terkait konsep KHD. Gagasan KHD telah terpahami dengan dengan baik, semoga hal ini menjadi langkah awal yang baik untuk menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan.

Apresiasi yang luar biasa terhadap pemahaman , mimpi-mimpi, dan juga rencana implementasi para CGP. Mari kita mulai dari diri untuk mencari cara yang baik untuk diterapkan di kelas.

Kegiatan mulai dari diri telah terlaksana dengan baik, mari kita lanjutkan untuk tahap berikutnya yaitu Ekspolrasi konsep.

Salam sehat, semangat dan bahagia selalu.  MERRDEKA

 

Question #1

1

Response is required

Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan dan pengajaran?

Sesuai dengan filosofi pendidikan yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara yaitu ING NGARSO SUNTOLODO, yaitu di depan memberi teladan. Seorang guru harus mempu memberikan teladan sesuai dengan kara guru yaitu digugu dan di tiru oleh muridnya. Seorang guru juga harus mampu menunjukkan sikap dan karakternya sebagai pribadi yang menyejukkan dan menjadi sumber teladan di dalam mendidik putra-putri bangsa agar menjdi pribadi yang selalu berbudi pekerti luhur dalam kehidupan sehari--hari. ING MADYO MANGUN KARSO, yaitu ditengah memberi bimbingan. Guru adalah sosok yang dipandang lebih tahu, lebih bijak, dan lebih arif dalam menghadapi berbagai persoalan, maka sudah sepantasnya guru dapat mengayomi baik di sekolah mapun dalam lingkungan masyarakat.  TUT WURI HANDAYANI yaitu di belakang memberi dorongan, sebagai guru, memberiakn apresiasi, motivasi, dan inspirasi bagi peserta didik adalah sebuah tugas yang mulia dan harus disertai dengan keikhlasan dan tanggung jawab, Semboyan ini yang paling terkenal yaitu “tut wuri handayani” yang selalu tertempel di topi, dasi, dan tidak jarang juga di dada setiap siswa siswi Indonesia dari SD sampai SMU.

Question #2

2

Response is required

Apa hubungan pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda?

Pemikiran Ki Hajar Dewantara sebagai tokoh Pendidikan di Indonesia sangat berperan penting dan merupakan simbol pendidikan yang ada di Indonesia yang menjadi landasan rakyat Indonesia dalam mengembangkan pendidikan. Pemikiran-pemikiran KHD adalah sebuah konsep yang mencakup pendidikan dan kebudayaan yang sesuai dengan karakter di Indonesia. Imbas dari pemikiran Ki hajar Dewantara tidak hanya mencakup beberapa lembaga pendidikan saja atau jenjang pendidikan saja. Pemikirtan Ki Hajar Dewantara mencakup berbagai lembaga dan jenjang pendidikan, tak terkecuali di sekolah saya yang notabene jauh dari ibu kota, perolehan sumber informasi baik dari buku-buku dan sumber lainnya menggugah pendidik di sekolah saya agar selalu menerapkan apa yang telah Ki Hajar Dewantara gagaskan. 

Question #3

3

Response is required

Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

Menurut saya, dalam melaksanakan tugas dan aktivitas saya sebagai guru saya berusaha melaksanakan filosofi yang kemukakan oleh Ki Hajar Dewantara. Saya berusaha mencoba beberapa pendekatan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran saintifik, otentik, dan berbasis karakter. Tujuan pembelajaran tidak hanya pada hasil akademik semata, melainkan pada proses pembelajaran. Pada tahap proses pmebelajaran dibuat sedemikian rupa agar pembelajaran selalu bermakna dan merujuk pada perbaikan karakter. Tujuan utama pembelajaran dan pendidikan di Indonesia saat ini sebaiknya kembali menggali pandangan dan gagasan Ki Hajar Dewantara yaitu untuk membentuk budi pekerti yang luhur sehingga memncetak generasi pennerus bangsa yang cerdas an berkarakter kebangsaan.

Question #4

4

Response is required

Setelah menjawab pertanyaan reflektif, Anda diminta untuk mengungkapkan Harapan dan Ekspektasi Anda terkait dengan pembelajaran pada modul ini.

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya setelah memperlajari modul ini saya dapat memahami dan menggali pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara yang belum saya lakukan, agar kedepannya pemikiran-pemikiran yang menuju ke arah perbaikan dalam proses dan hasil pembelajaran akan lebih meningkat dan mendapatkan hasil perubahan yang positif dan konsisten terhadap peserta didik.

Question #5

5

Response is required

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya terhadap peserta didik saya adalah, dalam proses pembelajaran dan hasil pembelajaran tidak haanya berorientasi pada kecakapan akademik semata, namun dalam hasil penguasaan terhadap pembelajaran murid-murid mampu penunjukkan dirinya sebagai pribadi yang berbudi pekerti luhur, mempunyai tata krama sesuai dengan karakter bangsa Indonesia.

Question #6

6

Response is required

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan, materi, manfaat pada pembelajaran pada modul ini saya mengharapkan;

Kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik, tidak terganggunya proses pembelajaran baik dari segi jaringan, aplikasi LMS dan kegiatan ini tidak hanya sebagai kegiatan dilaksanakan sebagai menggugurkan kewajiban semata, tapi kegiatan ini dapat dimaknai sebagai proses perubahan diri sendiri dan sebagai contoh kepada orang lain.

Harapan saya, materi yang akan saya dapatkan dalam modul ini dapat saya pahami dengan baik, untuk kemudian dapat meimplementasikannya dalam tugas dan keajiabn saya baik di sekolah maupun dalam keseharian saya  dimasyarakat, sehingga benar-benar menjadi guru yang dapat digugu dan ditiru oleh semua kalangan.

Manfaat yang saya harapkan pada modul ini adalah saya dapat menjadikan materi ini sebagai kendali diri dalam menjalan tugas dan sebagai pengingat diri dalam melaksanakan kewajiban saya sebagai abdi negara yang mengabdi dalam dunia pendidikan, bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi guru, lembaga pendidikan, peserta didik, dan umumnya masyarakat. 

 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentarnya