Durasi
: 1
JP (45 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran
Khusus: Peserta mampu membuat refleksi diri tentang
pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Bapak
dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Kegiatan
ini merupakan kegiatan pembuka dari seluruh rangkaian materi belajar di Program
Pendidikan Guru Penggerak. Pada kegiatan ini, Anda akan melakukan sebuah
refleksi diri sejauh mana Anda mengenal dan memahami Filosofi Pendidikan Ki Hadjar
Dewantara (KHD). Sejauh ini Anda sudah sering mendengar kata kata seperti budi
pekerti, ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri
handayani yang menjadi jiwa dari pendidikan nasional. Oleh sebab
itu, pada tahap awal ini, Anda akan berdialog dengan diri Anda sendiri untuk
menemukan pemikiran mendasar Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan peran
Anda sebagai pendidik’.
Silahkan
klik tombol
Mulai dari Diri
Sebagai pemantik proses refleksi
tersebut, mari kita ingat-ingat kembali pengalaman ketika kita bersekolah.
Jawaban pertanyaan berikut tidak perlu ditulis namun tetap
perlu direnungkan dan dilakukan dengan
sungguh-sungguh.
- Pengalaman apa saja yang membuat Anda semangat
bersekolah, atau sebaliknya, kehilangan motivasi?
- Momen apa saja yang membuat Anda merasa
berkembang sebagai seorang pembelajar?
- Siapa sosok guru yang menginspirasi Anda?
- Apa saja pengalaman yang berkesan bersama guru
tersebut?
- Pernahkah Anda menduplikasi atau mengadaptasi
yang dilakukan oleh guru tersebut di kelas yang Anda ampu?
Selanjutnya, Anda diminta untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang tersedia di bawah terkait pemikiran-pemikiran Ki
Hadjar Dewantara (KHD). Anda diminta untuk menuliskan jawaban minimum
100 kata dan maksimum 150 kata untuk setiap
pertanyaan.
Selamat kepada CGP hebat, yang
telah melakukan refleksi diri terkait konsep KHD. Gagasan KHD telah terpahami
dengan dengan baik, semoga hal ini menjadi langkah awal yang baik untuk menjadi
agen perubahan dalam dunia pendidikan.
Apresiasi yang luar biasa terhadap
pemahaman , mimpi-mimpi, dan juga rencana implementasi para CGP. Mari kita
mulai dari diri untuk mencari cara yang baik untuk diterapkan di kelas.
Kegiatan mulai dari diri telah
terlaksana dengan baik, mari kita lanjutkan untuk tahap berikutnya yaitu
Ekspolrasi konsep.
Salam sehat, semangat dan bahagia
selalu. MERRDEKA
Question #1
1
Response is
required
Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara
tentang pendidikan dan pengajaran?
Sesuai
dengan filosofi pendidikan yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara yaitu ING
NGARSO SUNTOLODO, yaitu di depan memberi teladan. Seorang guru harus mempu
memberikan teladan sesuai dengan kara guru yaitu digugu dan di tiru oleh
muridnya. Seorang guru juga harus mampu menunjukkan sikap dan karakternya
sebagai pribadi yang menyejukkan dan menjadi sumber teladan di dalam mendidik
putra-putri bangsa agar menjdi pribadi yang selalu berbudi pekerti luhur dalam
kehidupan sehari--hari. ING MADYO MANGUN KARSO, yaitu ditengah memberi
bimbingan. Guru adalah sosok yang dipandang lebih tahu, lebih bijak, dan lebih
arif dalam menghadapi berbagai persoalan, maka sudah sepantasnya guru dapat
mengayomi baik di sekolah mapun dalam lingkungan masyarakat. TUT WURI
HANDAYANI yaitu di belakang memberi dorongan, sebagai guru, memberiakn
apresiasi, motivasi, dan inspirasi bagi peserta didik adalah sebuah tugas yang
mulia dan harus disertai dengan keikhlasan dan tanggung jawab, Semboyan ini
yang paling terkenal yaitu “tut wuri handayani” yang selalu tertempel di topi,
dasi, dan tidak jarang juga di dada setiap siswa siswi Indonesia dari SD sampai
SMU.
Question #2
2
Response is
required
Apa hubungan pemikiran KHD dengan konteks pendidikan
Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda?
Pemikiran Ki
Hajar Dewantara sebagai tokoh Pendidikan di Indonesia sangat berperan penting
dan merupakan simbol pendidikan yang ada di Indonesia yang menjadi landasan
rakyat Indonesia dalam mengembangkan pendidikan. Pemikiran-pemikiran KHD adalah
sebuah konsep yang mencakup pendidikan dan kebudayaan yang sesuai dengan
karakter di Indonesia. Imbas dari pemikiran Ki hajar Dewantara tidak hanya
mencakup beberapa lembaga pendidikan saja atau jenjang pendidikan saja.
Pemikirtan Ki Hajar Dewantara mencakup berbagai lembaga dan jenjang pendidikan,
tak terkecuali di sekolah saya yang notabene jauh dari ibu kota, perolehan
sumber informasi baik dari buku-buku dan sumber lainnya menggugah pendidik di sekolah
saya agar selalu menerapkan apa yang telah Ki Hajar Dewantara gagaskan.
Question #3
3
Response is
required
Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD
dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
Menurut
saya, dalam melaksanakan tugas dan aktivitas saya sebagai guru saya berusaha
melaksanakan filosofi yang kemukakan oleh Ki Hajar Dewantara. Saya berusaha
mencoba beberapa pendekatan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan
pembelajaran saintifik, otentik, dan berbasis karakter. Tujuan pembelajaran
tidak hanya pada hasil akademik semata, melainkan pada proses pembelajaran.
Pada tahap proses pmebelajaran dibuat sedemikian rupa agar pembelajaran selalu
bermakna dan merujuk pada perbaikan karakter. Tujuan utama pembelajaran dan
pendidikan di Indonesia saat ini sebaiknya kembali menggali pandangan dan
gagasan Ki Hajar Dewantara yaitu untuk membentuk budi pekerti yang luhur
sehingga memncetak generasi pennerus bangsa yang cerdas an berkarakter
kebangsaan.
Question #4
4
Response is
required
Setelah menjawab pertanyaan reflektif, Anda diminta
untuk mengungkapkan Harapan dan Ekspektasi Anda terkait dengan pembelajaran
pada modul ini.
Apa saja harapan yang ingin Anda
lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari
modul ini?
Harapan saya
setelah memperlajari modul ini saya dapat memahami dan menggali
pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara yang belum saya lakukan, agar kedepannya
pemikiran-pemikiran yang menuju ke arah perbaikan dalam proses dan hasil
pembelajaran akan lebih meningkat dan mendapatkan hasil perubahan yang positif
dan konsisten terhadap peserta didik.
Question #5
5
Response is
required
Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada
murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
Harapan saya
terhadap peserta didik saya adalah, dalam proses pembelajaran dan hasil
pembelajaran tidak haanya berorientasi pada kecakapan akademik semata, namun
dalam hasil penguasaan terhadap pembelajaran murid-murid mampu penunjukkan
dirinya sebagai pribadi yang berbudi pekerti luhur, mempunyai tata krama sesuai
dengan karakter bangsa Indonesia.
Question #6
6
Response is
required
Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan
ada dalam modul ini?
Kegiatan,
materi, manfaat pada pembelajaran pada modul ini saya mengharapkan;
Kegiatan
dapat dilaksanakan dengan baik, tidak terganggunya proses pembelajaran baik
dari segi jaringan, aplikasi LMS dan kegiatan ini tidak hanya sebagai kegiatan
dilaksanakan sebagai menggugurkan kewajiban semata, tapi kegiatan ini dapat
dimaknai sebagai proses perubahan diri sendiri dan sebagai contoh kepada orang
lain.
Harapan
saya, materi yang akan saya dapatkan dalam modul ini dapat saya pahami dengan
baik, untuk kemudian dapat meimplementasikannya dalam tugas dan keajiabn saya
baik di sekolah maupun dalam keseharian saya dimasyarakat, sehingga
benar-benar menjadi guru yang dapat digugu dan ditiru oleh semua kalangan.
Manfaat yang
saya harapkan pada modul ini adalah saya dapat menjadikan materi ini sebagai
kendali diri dalam menjalan tugas dan sebagai pengingat diri dalam melaksanakan
kewajiban saya sebagai abdi negara yang mengabdi dalam dunia pendidikan,
bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi guru, lembaga pendidikan, peserta
didik, dan umumnya masyarakat.
No comments:
Post a Comment
Terimakasih telah memberikan komentarnya