Teknik Penyusunan
KSE yang Terintegrasi pada RPP BKSE
Oleh
Saiful Jamil
Tabel
Penyusunan Teknik Pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional
RUANG
LINGKUP |
KSE |
TEKNIK
PEMBELAJARAN KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid) |
RUTIN
(waktu khusus di luar kegiatan akademik) |
Pengelolaan diri -
mengelola emosi dan fokus |
1. Teknik:
Bernafas dengan Berkesadaran Penuh 2. Penjelasan
tentang apa yang dilakukan guru: a. Guru menjelaskan cara dan manfaat
bernapas dengan kesadaran penuh. b. Memberikan
contoh bernapas dan posisi yang benar saat melakukan
bernapas dengan kesadaran penuh. c. Minta murid memperhatikan instruksi
guru untuk mengirup udara pagi yang segar, menarik nafas dalam-dalam dan kemudian
melepaskannya secara perlahan. Lakukan sebanyak 3-5 kali,
kemudian minta murid
untuk merefleksikan apa yang
mereka rasakan pada tubuh, pikiran, dan perasaannya setelah melakukan
kegiatan tersebut. 3.
Penjelasan tentang apa
yang dikatakan pada murid: Anak-anak sebelum kita
melakukan sebuah aktivitas baik itu di rumah ataupun di sekolah, sebaiknya
kita membiasakan kegiatan bernafas
dengan berkesadaran penuh, dengan cara ambil nafas dalam-dalam tahan sejenak, kemudian lepaskan secara
perlahan-lahan! Apa yang dirasakan pada tubuh, pikiran, dan
perasaan kalian
setelah melakukan kegiatan tersebut? 4.
Penjelasan tentang
tujuan: a. Membantu murid untuk
memusatkan perhatian pada saat memulai suatu kegiatan/aktivitas sehingga murid lebih
fokus dan penuh konsentrasi dalam melaksanakan kegiatan tersebut. b. Membantu mengurangi stres
atau tekanan pada murid dari segala aktivitas rutinnya yang dilakukan
setiap hari. |
Kesadaran sosial -
keterampilan berempati |
1.
Teknik: Jurnal Diri 2.
Penjelasan tentang apa
yang dilakukan guru: a. Minta murid menyiapkan
sebuah buku tulis yang akan disebut sebagai buku jurnal. Minta mereka
menuliskan kegiatannya sehari-hari tentang interaksi keseharian di lingkungan
rumah, seperti kegiatan membantu orangtua atau melaksanakan
kewajiban di rumah. b. Minta
murid untuk mencatat apa yang
menarik dari kegiatan tersebut? Apakah hal baru yang murid dapat dari kegiatan tersebut? Apakah yang berubah
dalam perasaan dan pikiran murid? Apakah yang ingin murid lakukan lebih lanjut? 3.
Penjelasan tentang apa
yang dikatakan pada murid: Buatlah sebuah jurnal
yang memuat aktivitas keseharianmu di rumah sesuai dengan contoh tabel yang
guru berikan! 4.
Penjelasan tentang
tujuan: Murid diminta untuk
merefleksikan dan menuliskan apa yang dialami dan dirasakan setelah
berinteraksi sosial di lingkungan sekitar rumah baik dengan keluarga, teman,
tetangga, dan anggota masyarakat lainnya dalam rangka menumbuhkan kesadaran
sosial/empati |
RUANG
LINGKUP |
KSE |
TEKNIK
PEMBELAJARAN KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid) |
Kesadaran sosial -
keterampilan berempati |
1.
Teknik: Kegiatan
Menulis Non Fiksi Pengalaman Belajar di Masa Pandemi. 2. Penjelasan
tentang apa yang dilakukan guru: Murid diminta untuk
menceritakan pengalaman kegiatan belajar di rumah selama masa pandemi, baik
dalam penerimaan materi, kemudahan penggunaan alat atau sarana komunikasi dengan guru seperti
(ketersediaan smartphone, kuota internet, sinyal, dan sebagainya) 3.
Penjelasan tentang apa
yang dikatakan pada murid: Buatlah sebuah cerita
tentang pengalamanmu saat belajar di rumah pada masa pandemi, kemudian
tukarkanlah cerita kalian dengan temanmu. 4.
Penjelasan tentang
tujuan: Murid diminta untuk
merefleksikan apa yang sedang dirasakan oleh diri sendiri dan orang lain
tentang suka duka pembelajaran masa pandemi dalam rangka menumbuhkan kesadaaran sosial/
keterampilan berempati. |
Contoh Pembelajaran Berdiferensiasi KSE
No comments:
Post a Comment
Terimakasih telah memberikan komentarnya