Penyelarasan VMTS dengan Konsep Pembelajaran Mendalam
Transformasi Strategis Menuju Ekosistem Pendidikan Holistik
🎯 Adaptif & Relevan
Sesuai tuntutan zaman
🌟 Holistik
Ekosistem terintegrasi
📋 Agenda Kegiatan
🧠 Pengantar Konsep PM
Memahami dasar filosofis dan pentingnya pembelajaran mendalam
🎯 Penyelarasan VMTS
Proses adaptasi visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah
⚙️ Langkah Implementasi
Perencanaan, pelaksanaan, monitoring-evaluasi, refleksi
🎓 Profil Lulusan
Membangun karakter dan kompetensi siswa sesuai prinsip PM
💻 Inovasi Digital
Pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar
🎯 Pentingnya Penyelarasan VMTS
Agar setiap aspek sekolah, mulai dari kurikulum hingga kegiatan pembelajaran, terintegrasi dengan prinsip PM
📊 Indikator Keberhasilan
Adanya dokumen VMTS yang tercermin dalam seluruh aktivitas pendidikan
🚀 Strategi Penyelarasan VMTS dengan PM
📋 Perencanaan Komprehensif
Melibatkan guru, staf, manajemen, hingga orang tua dalam forum diskusi
👥 Pelaksanaan Bersama Tim
Mengintegrasikan VMTS dengan kerja tim pengembang kurikulum
📈 Monitoring & Evaluasi
Menyusun pemetaan keberhasilan implementasi untuk kurikulum tahun ajaran baru
🔄 Refleksi Berkelanjutan
Menyesuaikan dengan dinamika pendidikan
⚡ Tindak Lanjut Adaptif
Mengupdate pencapaian dan strategi sesuai kebutuhan
🛠️ Sumber Daya Pendukung
📄 Material
- • Dokumen VMTS
- • Konsep PM
- • Permendiknas No. 10–13 Tahun 2025
- • Regulasi relevan lainnya
👥 Manusia
- • Tim pengembang kurikulum
- • Seluruh warga sekolah
- • Stakeholder pendidikan
⚙️ Metode
- • Rapat rutin
- • FGD (Focus Group Discussion)
- • IHT (In House Training)
- • OJT (On Job Training)
💻 Perangkat
- • Google Workspace
- • Google Site
- • Platform digital lainnya
🎓 Profil Lulusan Unggul
Melalui PM, sekolah menargetkan lahirnya lulusan yang:
Beriman & Bertakwa
Berakhlak mulia dalam kehidupan
Mandiri
Bertanggung jawab atas tindakan
Bernalar Kritis
Mampu berpikir analitis
Kreatif & Inovatif
Menghasilkan solusi baru
📋 Implementasi Rencana Tindak Lanjut
🏫 VMTS Berbasis Warga Sekolah
Disusun melalui masukan kolektif dan mengacu pada 8 dimensi profil pelajar Pancasila
🗺️ Pemetaan Capaian Pembelajaran
Menggunakan taksonomi SOLO, Bloom, dan pendekatan PM (hasil FGD guru 1 Agustus 2025)
📜 Kesesuaian Regulasi
• Keputusan BSKAP No. 046/H/KR/2025
• Peraturan Bupati Tanggamus No. 11 Tahun 2024 tentang Bahasa dan Aksara Lampung
💻 Pemanfaatan Digital & Inovasi Paperless
Aplikasi dan produk digital untuk mendukung PM:
Aplikasi Naskah Soal
Perencanaan Kokurikuler
Jurnal Mengajar
Jadwal Pelajaran
Kartu Pelajar
RPP Modul Ajar
🌐 Google Site OJT-RTL PM
Platform kolaborasi dan dokumentasi pembelajaran
Terima Kasih!
Semoga presentasi ini bermanfaat untuk kemajuan pendidikan kita
Visi Tercapai
Menuju pendidikan yang adaptif dan holistik
Implementasi Sukses
Bersama membangun masa depan pendidikan
❤️ Mari Bersama Mewujudkan Pembelajaran Mendalam ❤️
Untuk generasi yang lebih baik dan masa depan yang cerah
No comments:
Post a Comment
Terimakasih telah memberikan komentarnya