Kumpulan Prompt AI untuk Guru Kurikulum Merdeka


Untuk mengembangkan isi prompt pada dokumen yang telah diunggah agar lebih lengkap dan jelas, berikut adalah langkah-langkah pengembangan:

1. Menurunkan Capaian Pembelajaran menjadi Tujuan Pembelajaran

Prompt ini membutuhkan detail agar lebih mudah dipahami dan dapat dieksekusi dengan baik oleh AI:

  • Prompt Awal: “Capaian pembelajaran pada akhir [Fase X] mencakup...”

  • Pengembangan: Sertakan rincian kompetensi yang ingin dicapai, misalnya: “Pada akhir Fase B, peserta didik dapat: membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.”

    Tujuan Pembelajaran: “Buatlah menjadi beberapa tujuan pembelajaran (1 kalimat) diawali dengan kata kerja kompetensi. Misalnya: ‘Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari bilangan cacah sampai 10.000.’”

2. Merancang Alur Tujuan Pembelajaran

  • Prompt Awal: “Buat alur tujuan pembelajaran untuk [Fase X] dalam kurun waktu 2 tahun (4 semester).”
  • Pengembangan: Jelaskan langkah-langkah detail:
    • Bagikan tujuan menjadi unit-unit kecil yang dapat dicapai dalam setiap semester.
    • Tentukan aktivitas pembelajaran untuk setiap tujuan, misalnya: "Semester 1: Mengajarkan konsep nilai tempat melalui penggunaan uang kertas."

3. Merancang Rubrik Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)

  • Prompt Awal: “Buat rubrik KKTP dengan elemen-elemen...”
  • Pengembangan: Tambahkan format rubrik dengan skala penilaian:
    • Mulai Berkembang (MB): Peserta didik memahami sebagian dari konsep.
    • Sedang Berkembang (SB): Peserta didik dapat menerapkan konsep dengan bantuan.
    • Berkembang Sesuai Harapan (BSH): Peserta didik menerapkan konsep dengan mandiri.
    • Sangat Berkembang (SAB): Peserta didik dapat menjelaskan konsep dengan sangat baik dan mengaplikasikannya dalam berbagai situasi.

4. Merancang Asesmen Awal

  • Prompt Awal: “Buat asesmen awal untuk mengetahui kesiapan kognitif peserta didik dalam [Materi X].”
  • Pengembangan: Tambahkan jenis soal seperti pilihan ganda, essay singkat, atau tugas praktis sesuai jenjang kelas dan usia peserta didik. Misalnya:
    • Soal pilihan ganda untuk mengetahui pemahaman dasar matematika.
    • Tugas mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempat.

5. Merancang Asesmen Formatif

  • Prompt Awal: “Buat 10 ide asesmen formatif untuk tujuan pembelajaran [Materi X].”
  • Pengembangan: Berikan variasi asesmen seperti:
    • Observasi: Mengamati bagaimana peserta didik bekerja dalam kelompok.
    • Tugas harian: Memberikan soal latihan yang harus diselesaikan di rumah.
    • Quiz singkat: Tes cepat di akhir sesi untuk mengevaluasi pemahaman konsep.

6. Merancang Asesmen Sumatif

  • Prompt Awal: “Buat asesmen sumatif setelah pembelajaran.”
  • Pengembangan: Tambahkan instruksi spesifik, misalnya soal essay yang menuntut peserta didik untuk menjelaskan konsep dengan contoh nyata atau membuat produk sederhana terkait materi yang dipelajari.

7. Merancang Pembelajaran Kokurikuler

  • Prompt Awal: “Buat aktivitas dengan tema [ tuliskan  temanya) untuk siswa kelas [X].
  • Pengembangan: Sertakan detail tahapan kegiatan:
    • Find: Siswa mengidentifikasi masalah lingkungan di sekolah.
    • Imagine: Siswa merancang solusi sederhana, seperti pengolahan sampah.
    • Do: Siswa membuat tempat sampah terpisah untuk organik dan anorganik.
    • Share: Siswa mempresentasikan hasil karya mereka kepada teman-teman.

Dengan mengembangkan setiap prompt menjadi lebih terstruktur dan jelas, AI dapat lebih mudah menghasilkan output yang diharapkan oleh pengguna.

Untuk mengunduh filenya : KLIK INI

Prompt KKTP : Prompt KKTP

Prompt singkat dan sederhana untuk RPP dan Modul Ajar : KLIK DISINI


CATATAN : SESUAIKANN DENGAN PENDEKATAN DEEP LEARNING SAAT INI, DAN  KEMBANGKAN SESUAI KEBUTUHAN

Tinggalkan jejak dalam komentar. Terimakasih...

Comments