Senin, 13 November 2023

KUNCI PMM FASILITATOR PEMBELAJARAN

 Post Test Fasilitator Pembelajaran terdapat 6 modul diantaranya adalah Refleksi Awal Pendidik, Teori Coaching, Praktik Coaching, Teori Fasilitasi, Praktik Fasilitasi, Mari kita ingat lagi. Untuk soal soal pada topik Fasilitator Pembelajaran sebagai berikut:

1.      Sebagai seorang fasilitator, guru harus dapat memberikan ruang kepada peserta didik untuk mengekspresikan ketertarikan, semangat dan
kreativitasnya.
Pernyataan di atas adalah..

Benar

Salah

 

2.      Ketika kita mengatakan bahwa pendidik berperan sebagai fasilitator pembelajaran, ini berarti bahwa pendidik
hendaknya membantu ............ proses dan memberdayakan peserta didik dalam mencapai tujuan belajar.
Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah..

 

Memudahkan

Menggapai

Memberikan

Semua salah

 

3.      Bagaimana cara agar kita dapat memfasilitasi tujuan dan kebutuhan belajar peserta didik melalui komunikasi yang
memberdayakan? Berikut adalah jawaban yang tepat, KECUALI.....

Menyampaikan konten belajar dengan cara yang beragam sesuai kebutuhan murid

Memahami hak anak, murid sebagai subjek belajar.

Memahami hak anak, murid sebagai objek belajar.

Melakukan refleksi secara rutin terkait makna dari belajar untuk diri sendiri dan hal-hal apa saja untuk menumbuhkan minat belajar murid.

 

4.      Pernyataan di bawah ini adalah benar, KECUALI....

Dalam praktik fasilitator peserta didik terlibat aktif dalam prosesnya

Guru harus menyediakan ruang untuk murid terus berkembang

Guru bukan hanya bertugas memberikan materi, dan murid menerima

Fasilitator pembelajaran berarti proses tidak penting, yang penting adalah hasil akhirnya.

 

5.    Apa prinsip dan pola pikir yang dibutuhkan dalam melakukan komunikasi yang memberdayakan?

Tidak mudah percaya pada potensi murid.

Memberikan ruang-ruang diskusi dan dialog

Menolak semua pendapat murid

Semua salah

 

6.    Keterampilan apa yang perlu dimiliki seorang pendidik dalam membangun komunikasi yang memberdayakan?

Mendengarkan

Menggali pendapat murid

Membangun kesadaran diri untuk mempunyai prinsip dan mindset komunikasi yang memberdayakan

Semua benar

 

7.    Dalam coaching kita perlu memberikan dan memaksakan pendapat kita agar anak dapat terbantu dalam berpikir menentukan masa depannya.
Pernyataan di atas adalah..

Benar

Salah

 

8.    Saat menjadi coach, apa yang harus guru lakukan? Semua jawaban di bawah ini adalah benar, KECUALI....

Guru mendengarkan untuk memahami kondisi murid

Guru yang berasumsi menjawab semua keinginan murid

Guru melontarkan pertanyaan agar peserta didik mendapatkan kesadaran baru akan situasi yang sedang dihadapi dan situasi yang ia inginkan di masa depan.

Semua Salah

 

9.    Yang bukan merupakan tiga kompetensi inti coaching yang perlu dikuasai oleh guru adalah:

Kemampuan berbicara aktif

Kehadiran Penuh/Presence

Mendengarkan Aktif/menyimak

Mengajukan Pertanyaan Berbobot

 

10. Kompetensi ini adalah kemampuan untuk bisa hadir utuh bagi peserta didik baik secara badan, pikiran, dan hati agar selaras dengan murid saat sedang melakukan percakapan. Kemampuan ini merupakan salah satu dari kemampuan inti coaching yaitu ...

Kemampuan berbicara aktif

Kehadiran Penuh/Presence

Mendengarkan Aktif/menyimak

Mengajukan Pertanyaan Berbobot

 

11. Dalam coaching, kita menganggap murid adalah mitra kita. Murid dianggap mampu untuk menemukan sendiri bagaimana ia dapat mewujudkan situasi yang ia inginkan di masa depan.
Pernyataan di atas adalah..

Benar

Salah

 

12. Dalam percakapan coaching, fokus dan pusat komunikasi adalah pada peserta didik, yaitu sebagai mitra bicara. Sebagai
seorang guru kita harus mengesampingkan penilaian/penghakiman/pelabelan/asumsi. Kemampuan ini merupakan salah satu dari kemampuan inti coaching , yaitu...

Kemampuan berbicara aktif

Kehadiran Penuh/Presence

Mendengarkan Aktif/Menyimak

Mengajukan Pertanyaan Berbobot

 

13. Berikut adalah kalimat yang merupakan penerapan paradigma berpikir coaching, yaitu...

Apa yang membuat kamu takut tidak menang?

Ibu lihat kamu ragu-ragu. Apa betul seperti itu?

Senang ya? Apa yang buat kamu merasa senang?

Wah gambar kamu mirip sekali ya dengan aslinya .... Ibu sampai bisa membayangkan ada di dalam laut sana.

 

14. Guru yang berperan sebagai coach dapat melakukan percakapan yang memberdayakan untuk mengoptimalkan potensi peserta didik. Yang manakah yang BUKAN pertanyaan memberdayakan potensi peserta didik?

Menurut kamu, apa sih keadilan itu?

Ibu lihat kamu ragu-ragu, apa benar seperti itu?

Kamu pasti tidak suka kan dengan keadaan seperti ini?

Bagaimana kita dapat tahu yang mana hak dan kewajiban?

 

15. Saat guru memfasilitasi muridnya, seperti apakah bentuk pertanyaan yang dapat dilontarkan untuk mengajak murid berefleksi?

Menurut kamu, apa yang bikin kamu merasa belum menguasai satu bidang itu?

Kenapa kamu merasa soal begini saja susah?

Apa yang mau kamu lakukan habis ini? Kamu yakin kamu bisa?

Semua salah

 

16. Gustaf : Kata bapak ibu saya, lebih baik saya rajin belajar matematika dan IPA,
bu daripada menggambar. Bisa gambar tidak bisa buat beli beras, bu katanya.
Jelita: Wah, sepertinya memang susah sih kalau orang tuamu sudah berpikir
begitu, kamu akan berat sepertinya.
Pernyataan Bu Jelita di atas adalah merupakan salah satu pernyataan yang
menghambat untuk menjadi pendengar aktif saat mempraktikkan coaching,
yaitu...

Asumsi

Asosiasi

Menyetujui

Menghakimi

 

17. Sesuai dengan definisi coaching menurut International Coaching Federatioan, tujuan coaching adalah
untuk ... coachee.

Mencapai target (salah)

Mengatasi tantangan

Memecahkan masalah

Mengoptimalkan potensi

 

18. Sebagai coach, maka guru TIDAK berfokus pada masalah peserta didik, kemudian ia dapat mendorong peserta didik untuk berani mencoba. Kalimat yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah ...

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat kucing-kucing ini bisa diadopsi?

Kamu pasti bingung karena terlalu gegabah membuat keputusan. Berarti kamu harusnya berfikir dulu sebelum bertindak.

Oh iya, sekolah tidak mungkin menampung kucing-kucing ini jadi kamu pastikan pulang sekolah nanti sudah ada solusinya ya. (Ragu-ragu)

Semua salah

 

19. Saat mengajukan pertanyaan selama proses coaching, sebaiknya kita
menghindari kata tanya yang bersifat menghakimi. Berikut adalah kata tanya
yang TIDAK tepat, yaitu...

Apa

Bagaimana

Di mana

Mengapa

 

20. Bapak lihat kamu ada 5 pertanyaan, yang tidak bisa. Ini memang susah sih ya.. kamu kesulitan ya sepertinya.
Pernyataan di atas adalah merupakan salah satu pernyataan yang menghambat untuk menjadi pendengar aktif saat mempraktikkan coaching,
yaitu...

Asumsi

Asosiasi

Menyetujui

Menghakimi

 

21. Vera: "Saya awalnya kasihan jadi saya bawa kucingnya, meskipun setelahnya saya terus bingung".
Pak Romi: "Apa yang membuat kamu bingung?"
Vera: "Saya bingung apakah saya melakukan hal yang benar karena sampai saat ini saya sendiri gak
tahu harus bagaimana dengan kucing-kucing ini."
Sebagai seorang coach bagaimana sebaiknya reaksi Pak Romi?

Ya sudah, bawa saja kucingnya atau kembalikan sajalah ke pasar.

Bagaimana kalau kita cari saja yang mau mengadopsi kucingnya, ya.

Oh kamu bingung, memangnya kamu ingin kucing-kucing ini mempunyai keadaan yang bagaimana?

Coba, kamu jangan mengandalkan perasaan. Coba dipikir-pikir lagi deh, kamu mampu merawat kucingnya?

 

22. Nah saya amati, dari buku latihan soal ini, AWAN sudah menunjukkan penguasaan atas 3 bidang tadi. Tapi, kenapa yang lain Awan tidak bisa? Susah, ya?
Pertanyaan di atas yang dilontaskan guru adalah...

Tepat, agar anak dapat berefleksi

Tidak tepat, karena terkesan menghakimi anak saat tidak bisa mengerjakan soal

Tepat, karena sudah sesuai dengan prinsip mendengarkan

Semua salah

 

23. Ibu Hana sedang melakukan praktik coaching terhadap Sara. bu Hana mengulang kata kunci yang diucapkan oleh Sara sebelum bertanya untuk menggali.
Ini merupakan bagian dari mendengarkan dengan RASA, tahapan ....

Ask

Receive

Appreciate

Summarize

 

24. Tugas Guru adalah menuntun,yaitu memfasilitasi peserta didik berproses dalam membangun kemandirian untuk
mewujudkan tujuan belajar yang bermakna.
Pernyataan di atas adalah..

Benar

Salah

 

25. Keterampilan fasilitasi seperti menyimak, bertanya, mengonfirmasi dan refleksi, tidak berdiri sendiri melainkan semuanya semuanya saling terkait satu sama lain.
Pernyataan di atas adalah...

Benar

Salah

 

26. Yang merupakan keterampilan fasilitasi adalah..

Menyimak

Bertanya

Mengonfirmasi dan Refleksi

Semua benar

 

27. Salah satu kompetensi dasar fasilitator adalah..

Koneksi

Partisipasi

Investasi

Semua salah

 

28. Sebagai seorang fasilitator, apa yang dapat kita lakukan untuk membantu murid?

Menyediakan sumber daya dan dukungan

Menyediakan keuangan yang cukup untuk mencukupi kebutuhan kelas

Menyediakan tujuan belajar sehingga murid tidak perlu menentukan tujuan belajarnya sendiri

Semua Benar

 

29. Saat menjadi fasilitator, guru adalah raja yang mengontrol aktivitas peserta didik. Kita tidak perlu menyediakan ruang diskusi untuk murid dapat mengembangkan kreativitasnya.
Pernyataan di atas adalah..

Benar

Salah

 

30. Manakah yang menurut Anda KELIRU di antara pernyataan berikut?

Sebagai guru, peserta didik hanya belajar dari Anda; sementara sebagai fasilitator, peserta didik dapat belajar dari siapa saja dan mana saja.

Sebagai guru, Anda mengajari peserta didik; sementara sebagai fasilitator, Anda mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar yang mandiri.

Sebagai guru, Anda menentukan apa yang harus peserta didik pelajari; sementara sebagai fasilitator, Anda menggali apa yang ingin dipelajari peserta didik.

Sebagai guru, Anda meminta peserta didik untuk mengerjakan soal latihan; sementara sebagai fasilitator, Anda membantu peserta didik untuk mengerjakan soal latihan.

 

31. Dalam membangun interaksi, partisipasi dan mengelola dinamika
peserta didik, guru akan memberikan kesempatan kepada peserta
didik sebagai berikut, KECUALI:

Berbagi pendapat

Diperintah oleh guru

Saling tanya jawab atau diskusi

Menemukan jawabannya sendiri

 

32. Guru di kelas menayangkan video, menggunakan kertas kecil sebagai catatan murid-murid dalam pembelajarannya. Dengan melakukan ini, kompetensi dasar fasilitator manakah yang sudah dilakukan?

Partisipasi dan Visualisasi

Partisipasi dan Diskusi

Diskusi dan Visualisasi

Semua salah

 

33. Dalam sesi pembelajarannya, Bu Jelita mengajak peserta didiknya untuk mengenal ragam karya seni rupa. Tetapi, saat diberikan pertanyaan pemantik terkait pendapat mereka akan ragam karya ini, ada peserta didik yang tidak dapat memberikan pendapat.
Apa yang dapat dilakukan Bu Jelita?

Mengajak peserta didiknya lainnya mengulas bersama- sama pemahaman mereka tentang ragam karya seni rupa untuk membantu peserta didik yang bersangkutan.

Menghentikan diskusi tentang topik tersebut dan menggantinya dengan pembahasan topik lain.

Menanyakan kepada peserta didik yang bersangkutan penyebab ketidak pahamannya.

Mengacuhkan kondisi tersebut dan fokus pada target pembelajaran di sesi tersebut.

 

34. Sinta: Integral itu sebagai kebalikan dari turunan fungsi yang sudah kita pelajari minggu kemarin Bu.
Bu Jojo: Terima kasih Sinta. Jadi menurut kamu Integral itu kebalikan dari turunan fungsi ya. Seperti apa kebalikan
yang kamu maksud?
Sebagai seorang fasilitator, keterampilan apa TIDAK dilakukan oleh Bu Jojo?

Mencatat

Menyimak

Bertanya

Mengonfirmasi

 

35. Sebagai seorang fasilitator pembelajaran, Ibu Hana menggunakan keterampilan fasilitasi, yaitu ....

Meminta peserta untuk berdiskusi sendiri

Memberikan tugas untuk dikerjakan sendiri

Menjelaskan materi yang sedang dipelajari tanpa bantuan guru

Melakukan parafrase dan mengajukan pertanyaan terbuka

 

36. Guru di kelas menayangkan video, menggunakan kertas kecil sebagai catatan murid-murid dalam pembelajarannya. Dengan melakukan ini, kompetensi dasar faslitator manakah yang sudah dilakukan?

Partisipasi dan Visualisasi

Partisipasi dan Diskusi

Diskusi dan Visualisasi

Semua salah

 

37. Dalam metode structured go around, agar setiap siswa mendapat kesempatan berpendapat,, guru dapat bertindak sebagai...

Peserta diskusi

Moderator

Pemberi jawaban

Semua Benar

 

38. Di tengah-tengah diskusi, ada peserta didik yang menyampaikan beberapa ide/gagasan sesuai dengan pertanyaan terbuka yang
diajukan oleh guru. Bagaimana respon guru menanggapi ide/gagasan peserta didik ini?

Didengarkan saja, tanpa menindak lanjuti

Diberi tepuk tangan sebagai tanda apresiasi

Ditindaklanjuti dengan pertanyaan terbuka lainnya untuk menggali lebih dalam atas idenya.

Dipotong omongannya, apalagi kalau tidak sesuai dengan topik

 

39. Sebagai iseorang guru, kita dapat melakukan hal-hal ini selama memfasilitasi pembelajaran, KECUALI ....

Menciptakan ruang diskusi bagi peserta didik

Bertanya apa yang dirasakan oleh peserta didik

Mengapresiasi peserta didik dengan cara memuji

Mendorong peserta didik untuk menemukan sumber belajar

 

40. Guru sebagai fasilitator pembelajaran dapat dilakukan dalam sesi pembelajaran, jika peserta didik mengikuti keinginan guru.
Pernyataan di atas adalah..

Benar

Salah

 

41. Di sesi akhir, Pak Romli mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi. Berikut adalah yang BUKAN contoh pertanyaan refleksi yang dapat diajukan adalah.....

Bagaimana perasaanmu setelah berdiskusi di kelas?

Pelajaran apa yang ingin kamu ambil dari kegiatan hari ini?

Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?

Apakah kamu menyukai kegiatan ini?

 

42. Apa yang dibutuhkan oleh Guru agar dapat berperan sebagai fasilitator pembelajaran?

Memperluas wawasan dan pengetahuan

Percaya bahwa setiap murid mampu menemukan cara dan solusi

Mempunyai paradigma berpikir dan komunikasi yang memberdayakan

Semua benar

 

43. Seyogyanya, fasilitasi adalah tindakan membantu orang lain untuk menangani suatu proses atau solusi sesuai............ orang atau kelompok tersebut.
Kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah...

Keinginan

Harapan

Tujuan

Semua benar

 

44. Keterampilan apa yang perlu dimiliki agar guru dapat menjalankan perannya sebagai fasilitator pembelajaran?

Diskusi dan Coaching

Fasilitasi dan Interaksi

Coaching dan Komunikasi

Fasilitasi dan Coaching

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentarnya

Rakor 17 Mei 2024

Undangan Rakor KS Lomba-lomba FLS2N Prov (daring) Unggah video maksimal 30 Juni 2024 OSN Uji coba 20 Mei Pelaksanaan tingkat kabupaten, 27-2...