Monday, June 19, 2023

ELEMEN DAN SUB ELEMEN P5

 Profil Pelajar Pancasila (PPP) melibatkan enam dimensi yang mencakup:


1) Keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan perilaku yang terpuji,


2) Kemandirian,


3) Gotong-royong,


4) Keanekaragaman global,


5) Berpikir kritis, dan


6) Kreativitas.


Dalam Kurikulum Merdeka, elemen-elemen dari profil Pelajar Pancasila dapat diuraikan sebagai berikut:


1. Dimensi Keimanan, Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Perilaku yang Terpuji terdiri dari 5 elemen kunci, yaitu:


(a) Etika beragama;


(b) Etika pribadi;


(c) Etika terhadap sesama manusia;


(d) Etika terhadap alam; dan


(e) Etika dalam bernegara.


2. Elemen-elemen kunci dari Keanekaragaman global terdiri dari 4 hal, yaitu:


(a) Memahami dan menghargai berbagai budaya;


(b) Berkomunikasi dan berinteraksi antar budaya;


(c) Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman keanekaragaman; dan


(d) Memperjuangkan keadilan sosial.


3. Elemen-elemen kunci dari Gotong-royong terdiri dari 3 hal, yaitu:


(a) Kolaborasi;


(b) Kepedulian; dan


(c) Berbagi.


4. Elemen-elemen kunci dari Kemandirian terdiri dari 2 hal, yaitu:


(a) Memahami diri sendiri dan situasi yang dihadapi; dan


(b) Mengatur diri sendiri.


5. Elemen-elemen dari Berpikir kritis terdiri dari 3 hal, yaitu:


(a) Mengumpulkan dan memproses informasi dan gagasan;


(b) Menganalisis dan mengevaluasi penalaran; dan


(c) Merenung dan mengevaluasi pemikiran sendiri.


6. Elemen-elemen kunci dari Kreativitas terdiri dari 3 hal, yaitu:


(a) Menghasilkan gagasan yang orisinal;


(b) Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal; dan


(c) Memiliki fleksibilitas berpikir dalam mencari alternatif solusi untuk masalah.

Lengkapnya disini

Klik Di Sini


No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentarnya

Penerapan Multi-Factor Authentication (MFA) pada Platform ASN Digital BKN

  Penerapan Multi-Factor Authentication (MFA) pada Platform ASN Digital BKN Seiring meningkatnya ancaman siber seperti phishing, pencurian i...