Kamis, 18 Agustus 2022

KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta dapat menentukan Kriteria ketercapaian pembelajaran Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan Kriteria Ketercapaian Pembelajaran

Setiap satuan pendidikan dan pendidik akan menggunakan Alur Tujuan pembelajaran dan Modul Ajar yang berbeda, oleh karena itu untuk mengidentifikasi ketercapaian tujuan pembelajaran, pendidik akan menggunakan kriteria yang berbeda baik dalam angka kuantitatif atau kualitatif sesuai dengan karakteristik :

• Tujuan pembelajaran

• Aktivitas pembelajaran

• Asesmen yang dilaksanakan


Kriteria Ketercapaian Pembelajaran diturunkan dari indikator asesmen suatu tujuan pembelajaran, yang mencerminkan ketercapaian kompetensi pada tujuan pembelajaran


Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berfungsi untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan pemberian penghargaan kepada kompetensi peserta didik agar pendidik dapat memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan intervensi pembelajaran kepada para peserta didik


TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan pembelajaran merupakan pembelajaran dari 3 aspek kompetensi yaitu, keterampilan, dan sikap yang diperoleh dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran, disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju CP


Rumusan Tujuan Pembelajaran dihadiri :

• Kognitif

NGATEMI APLINASITA (mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengembangkan, dan mencipta), dan dimensi pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, metakognitif)

• Perilaku capaian seperti hidup (kritis, kreatif, komunikatif dan

kolaboratif)

• Profil Pelajar Pancasila (Beriman, berkebinekaan global, gotong royong,

kreatif, bernalar kritis dan mandirrevisi


KOMPONEN TUJUAN PEMBELAJARAN

Kompetensi = kemampuan yang dapat didemonstrasikan siswa dalam bentuk produk atau kinerja (abstrak dan konkret) yang menunjukkan siswa telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran

**Gunakan Kata Kerja Operasional dapat diamati, mengacu pada Taksonomi Bloom yang di revisi


KOMPONEN TUJUAN PEMBELAJARAN

Konten = ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang diperoleh melalui pemahaman selama proses pembelajaran di akhir satu unit pembelajaran.

❑ Variasi = keterampilan berfikir yang perlu dikuasai siswa untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran, seperti keterampilan berpikir kreatif, kritis, menganalisis, memprediksi, menciptakasekitarnya


CONTOH TUJUAN PEMBELAJARAN

rumusan tersebut adalah isi Pancasila dari 3 tokoh pendiri bangsa dan membandingkan serta menceritakan dengan menggunakan kata-kata sendiri secara kritis

Merancang solusi untuk menyelesaikan masalah dalam bidang konservasi energi dalam skala rumah tangga sebagai sikap kreatif dan inovatif

Mengkaji hukum Newton dengan mengambil contoh dari fenomena keseharian di lingkungan sekitarnya


➢ Menganalisis ide pokok dari deskripsi teks, narasi, dan eksposisi serta nilainilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa, pantun, dan puisi), dari teks dan/atau audiovisual

Mendeskripsikan pentingnya anggota tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

adalah peran diri dan anggota keluarga lainnya di rumah melalui wawancara anggota keluarga.


ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

1) Capaian Pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (AF) atau tahapan yang mencakup seluruh jenjang Pendidikan dasar dan menengah

2) Fase tsb : Fase A (kls 1-2), Fase B (kls 3-4), Fase C (kls 5-6), Fase D (Kls 7-9), Fase E (kelas 10), dan Fase F (kls 11 -12) 

Alur Tujuan Pembelajaran merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis dalam fase secara utuh dan sesuai urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur disusun secara linier sesuai urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur CP


MENYUSUN ATP

• Dari CP Elemen 1 misalnya turun TP 1.1, 1.2, 1.3,1.4… ...........,

• Dari CP Elemen 2 turun ke TP menjadi TP 2.1, 2.2, 2.3, ………, dst

Catatan :

TP dan ATP isinya sama. ATP itu hanya mengurutkan dari TP, atau membuat alur dari TP yang disusun, bisa alurnya mulai dari dimensi pengetahuan yang konseptual sampai dengan metakognitif


LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN KKTP

sebuah. Dari TP langsung dibuatkan RUBRIK PENILAIAN dengan 4 atau 5 kriteria, sehingga guru dapat

menentukan peserta didik dan melakukan tindak lanjut, atau

b. Dari TP diturunkan lebih rinci menjadi semacam INDIKATOR ASESMEN, sehingga indikator asesmen tsb menjadi ukuran ketercapaian, 

CONTOH :

TPS 1.

Peserta didik, ragam dan sumber energi yang dimanfaatkan di lingkungan sekitarnya melalui pengamatan

Indikator Asesmen :

1.1 Mampu mendeskripsikan berbagai sumber energi yang terdapat di lingkungan sekitar

1.2 Mampu menguraikan manfaat sumber energi yang digunakan di lingkungmengerjakannya


LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN KKTP

c. Atau gabungan (a) dan (b) : dibuatkan Indikator Asesmen dan Rubrik Ketercapaiannya

Catatan : 3 langkah tsb lebih memberikan ruang pada Guru mengambil alternatif sesuai kebutuhan. 

Masing-masing punya plus minus :

Opsi a : Lebih simpel, tapi kurang detail

b : Lebih detail, tetapi pemetaannya lebih sulit karena tidak ada rubrik

Opsi c : Lebih detail, mudah, tetapi lebih kompleks mengerjakannya


KESIMPULAN

Pelaksanaan ASESMEN SUMATIF dapat dilakukan dengan memperhatikan halberikut :

• Sumatif dilakukan pada akhir lingkup materi untuk mengukur kompetensi yang bermanfaat dalam tujuan pembelajaran dan pada akhir semester.

• Pendidik dapat menggunakan berbagai teknik seperti portofolio, performa (kinerja, produk, proyek, portofolio), maupun tes.

• Hasil sumatif dapat ditindak lanjuti dengan memberikan umpan balik atau melakukan intervensi kepada peserta didik maupun proses pembelajaran yang telah dilakukdidik

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak menjadi standar minimum yang harus dicapai setiap peserta didik.

Setiap peserta didik yang mungkin berada di pantai yang berbeda, dengan kriteria

ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi sumber informasi atau data bagi pendidik untuk menentukan

tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi peserta didik.

C MA + KKTP; Contoh MA + KKTP


Untuk lebih jelasnya dapat menunduh file berikut: 


Materi KKTP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentarnya

Rakor 17 Mei 2024

Undangan Rakor KS Lomba-lomba FLS2N Prov (daring) Unggah video maksimal 30 Juni 2024 OSN Uji coba 20 Mei Pelaksanaan tingkat kabupaten, 27-2...