Menurut Tim Pusat Penilaian Pendidikan (2019, hlm.3) dalam Taksonomi Bloom yang direvisi oleh Krathwohl dan Anderson, dirumuskan 6 level proses berpikir, yaitu:
- mengingat (remembering),
yakni mengingat kembali suatu fakta atau gagasan; - memahami (understanding),
yaitu mampu menerjemahkan suatu konsep, kaidah, atau prinsip; - menerapkan (applying),
mampu memecahkan suatu masalah menggunakan metode, konsep, atau prosedur; - menganalisis (analyzing),
dapat mengenali, menguraikan, serta mengkritisi suatu struktur, bagian atau hubungan; - mengevaluasi (evaluating),
mampu menilai hasil karya, mutu suatu tulisan berdasarkan norma internal, dan - mengkreasi (creating),
yaitu dapat menghasilkan karangan, teori, klasifikasi, proposal, tulisan ilmiah, karya.
Untuk memperjelas revisi yang dilakukan oleh Krathwohl & Anderson, berikut adalah perbandingan Taksonomi Bloom sebelum dan sesudah di revisi.
No. | Taksonomi Bloom | Revisi Taksonomi Bloom | Dimensi Proses Berpikir |
---|---|---|---|
C1 | Pengetahuan | Mengingat | Lower Order Thinking Skills |
C2 | Pemahaman | Memahami | |
C3 | Penerapan | Mengaplikasikan | |
C4 | Analisis | Menganalisis | Higher Order Thinking Skills |
C5 | Sintesis | Mengevaluasi | |
C6 | Evaluasi | Mengkreasi |
Dalam revisi Taksonomi Bloom ini pula, tingkat berpikir siswa dibedakan menjadi dua yaitu berpikir tingkat rendah/dasar dan berpikir tingkat tinggi. Menurut Resnick dan Thompson (dalam Dewanti, 2020, hlm. 19) berpikir tingkat dasar (lower order thinking) hanya menggunakan proses terbatas pada hal-hal rutin dan bersifat mekanis, sedangkan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking) membuat peserta didik untuk menginterpretasikan, menganalisa atau bahkan mampu memanipulasi informasi sebelumnya sehingga tidak monoton.
Bloom membagi kemampuan tingkat berpikir atau kognitif (cognitive) menjadi 6 tingkat, menjadi:
- C1 – Pengetahuan
- C2 – Pemahaman
- C3 – Penerapan
- C4 – Analisis
- C5 – Sintesis
- C6 – Evaluasi
*C merepresentasikan cognitive yang berarti kognitif.
Kata Kerja Operasional (KKO)
KKO atau Kata kerja operasional adalah kata kerja konkret yang merepresentasikan bahwa suatu indikator atau indikasi telah dilaksanakan, sehingga dapat diukur atau dinilai seberapa kuat indikator tersebut muncul dalam diri peserta didik. Misalnya, jika indikator yang ingin diketahui adalah kemampuan “Menganalisis” maka beberapa kata kerja operasional yang dapat mewakili indikator tersebut adalah peserta didik dapat “menguraikan”, “mengenali”, “membandingkan”, “mendeteksi”, “memeriksa”, “mengkritisi”, atau “menguji” suatu materi tertentu.
Indikator “Menganalisis” dapat disampaikan sebagai berikut: “Siswa mampu mengidentifikasi pola penulisan eksplanasi”. Sementara itu, soal evaluasi yang dapat diberikan berdasarkan kriteria indikator tersebut adalah “Identifikasi beberapa teks di atas, pola penulisan eksplanasi apa yang digunakan? jelaskan buktinya” atau “Teks di atas disusun dengan pola penulisan teks eksplanasi apa? Kemukakan alasanmu”
Kata kerja operasional dibagi menjadi beberapa ranah meliputi: kognitif (kemampuan berpikir/menalar), afektif (karakter/sikap), dan psikomotor (kemampuan fisik). Menurut Tim Kemkes (2018) Berikut adalah tabel-tabel kata kerja operasional (KKO) yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan Taksonomi Bloom yang telah direvisi menjadi indikator yang konkret.
KKO
KKO Kognitif
Mengingat (C1) | Memahami (C2) | Menerapkan (C3) | Menganalisis (C4) | Mengevaluasi (C5) | Menciptakan (C6) |
---|---|---|---|---|---|
Menemukenali Mengingat kembali Membaca Menyebutkan Melafalkan/melafazkan Menuliskan Menghafal Menyusun daftar Menggarisbawahi Menjodohkan Memilih Memberi definisi Menyatakan | Menjelaskan Mengartikan Menginterpretasikan Menceritakan Menampilkan Memberi contoh Merangkum Menyimpulkan Membandingkan Mengklasifikasikan Menunjukkan Menguraikan Membedakan Menyadur Meramalkan Memperkirakan Menerangkan Menggantikan Menarik kesimpulan Meringkas Mengembangkan Membuktikan | Melaksanakan Mengimplementasikan Menggunakan Mengonsepkan Menentukan Memproseskan Mendemonstrasikan Menghitung Menghubungkan Melakukan Membuktikan Menghasilkan Memperagakan Melengkapi Menyesuaikan Menemukan | Mendiferensiasikan Mengorganisasikan Mengatribusikan Mendiagnosis Memerinci Menelaah Mendeteksi Mengaitkan Memecahkan Menguraikan Memisahkan Menyeleksi Memilih Membandingkan Mempertentangkan Menguraikan Membagi Membuat diagram Mendistribusikan Menganalisis Memilah-milah Menerima pendapat | Mengecek Mengkritik Membuktikan Mempertahankan Memvalidasi Mendukung Memproyeksikan Memperbandingkan Menyimpulkan Mengkritik Menilai Mengevaluasi Memberi saran Memberi argumentasi Menafsirkan Merekomendasi Memutuskan | Membangun Merencanakan Memproduksi Mengkombinasikan Merangcang Merekonstruksi Membuat Menciptakan Mengabstraksi Mengkategorikan Mengkombinasikan Mengarang Merancang Menciptakan Mendesain Menyusun kembali Merangkaikan Menyimpulkan Membuat pola |
KKO Afektif
Menerima (A1) | Merespons (A2) | Menghargai (A3) | Mengorganisasikan (A4) | Karakterisasi Menurut Nilai (A5) |
---|---|---|---|---|
Menanyakan Memilih Mengikuti Menjawab Melanjutkan Memberi Menyatakan Menempatkan | Melaksanakan Membantu Menawarkan diri Menyambut Menolong Mendatangi Melaporkan Menyumbangkan Menyesuaikan diri Berlatih Menampilkan Membawakan Mendiskusikan Menyatakan setuju Mempraktekkan | Menunjukkan Melaksanakan Menyatakan pendapat Mengambil prakarsa Mengikuti Memilih Ikut serta Menggabungkan diri Mengundang Mengusulkan Membedakan Membimbing Membenarkan Menolak Mengajak | Merumuskan Berpegang pada Mengintegrasikan Menghubungkan Mengaitkan Menyusun Mengubah Melengkapi Menyempurnakan Menyesuaikan Menyamakan Mengatur Memperbandingkan Mempertahankan Memodifikasi Mengorganisasi Mengkoordinir Merangkai | Bertindak Menyatakan Memperhatikan Melayani Membuktikan Menunjukkan Bertahan Mempertimbangkan Mempersoalkan |
KKO Psikomotor
Meniru (P1) | Manipulasi (P2) | Presisi (P3) | Artikulasi (P4) | Naturalisasi (P5) |
---|---|---|---|---|
Menyalin Mengikuti Mereplikasi Mengulangi Mematuhi Membedakan Mempersiapkan Menirukan Menunjukkan | Membuat kembali Membangun Melakukan Melaksanakan Menerapkan Mengawali Bereaksi Mempersiapkan Memprakarsai Menanggapi Mempertunjukkan Menggunakan Menerapkan | Menunjukkan Melengkapi Menunjukkan, Menyempurnakan Mengkalibrasi Mengendalikan Mempraktekkan Memainkan Mengerjakan Membuat Mencoba’ Memposisikan | Membangun Mengatasi Menggabungkan Koordinat, Mengintegrasikan Beradaptasi Mengembangkan Merumuskan Memodifikasi Memasang Membongkar Merangkaikan Menggabungkan Mempolakan | Mendesain Menentukan Mengelola Menciptakan Membangun Membuat Mencipta menghasilkan karya Mengoperasikan Melakukan Melaksananakan Mengerjakan Menggunaka |
- Effendi, Ramlan. (2015).
- Tim Pusat Penilaian Pendidikan. (2019).
TAKSONOMI ANDERSON
(PerbaikanTaksonomi)
mengingat
:berarti jawaban faktual, menguji ingatan, pengenalan
memahami
:Menerjemahkan, menjabarkan, mengawasi,menyederhanak an,danmembuatperhitungan
Meneruskan
:Memahami kapan menerapkan, mengapamenerapkan, danmengenalipolapenerapankedalamsituasibaru,tidakbiasadanagakberbedaatauberlainan
Menganalisis:
Memecahkankedalambagian,bentukdanpola
Menilai
:Berdasarkan Kriteria dan menyat mengapa ? _
menciptakan
:Menggabungkan unsur-unsur ke dalam bentuk atau polayang sebelumnya kurang jelas
Berikut Tabel KKO Anderson
Tabel 1. Perbandingan Taksonomi Asli dengan Taksonomi Revisi (Krathwohl, 2002:213, 215)
Struktur Taksonomi Asli
Struktur Taksonomi Revisi
1.0 Pengetahuan
1.10 Pengetahuan tentang hal-hal khusus
1.11 Pengetahuan tentang istilah-istilah/
terminologi
1.12 Pengetahuan tentang fakta-fakta
tertentu
1.20 Pengetahuan tentang cara dan sarana untuk
menangani hal hal khusus
1.21 Pengetahuan tentang kebiasaankebiasaan
1.22 Pengetahuan tentang kecen-derungankecenderungan dan urut-urutan
kegiatan
1.23 Pengetahuan tentang klasifikasiklasifikasi dan kategori-kategori
1.24 Pengetahuan tentang kriteria
1.25 Pengetahuan tentang metodo-logi
1.30 Pengetahuan tentang hal-hal umum/universal
dan abstraksi-abstraksi dalam bidang tertentu
1.31 Pengetahuan tentang prinsip-prinsip
dan generalisasi-generalisasi
1.32 Pengetahuan tentang teori -teorindan
struktur-struktur
1.0 Mengingat - Memanggil pengetahuan yang
relevan darimemori jangka panjang.
1.1 Mengenali
1.2 Mengingat kembali
2.0 Pemahaman
2.1 Terjemahan
2.2 Penafsiran
2.3 Peramalan/Ekstrapolasi
2.0 Memahami – Membangun makna dari pesan
pembelajaran, termasuk pesan komunikasi lisan,
tertulis, dan grafis.
2.1 Menafsirkan
2.2 Mencontohkan
2.3 Mengklasifikasikan
2.4 Merangkum
2.5 Menyimpulkan
2.6 Membandingkan
2.7 Menjelaskan
3.0 Aplikasi
3.0 Menerapkan - Melaksanakan atau menggunakan
prosedur dalam situasi tertentu.
3.1 Mengeksekusi/melaksanakan
3.2 Mengimplementasikan
4.0 Analisis
4.1 Analisis unsur-unsur/bagian-bagian
4.2 Analisis saling hubungan
4.3 Analisis prinsip-prinsip terorgani-sasi
4.0 Menganalisa - Memilahmateri menjadi bagianbagianpenyusunnyadan mengenali saling
hubungan antar bagian, dan hubungan antara
bagian-bagian dengan struktur atau tujuansecara
keseluruhan.
4.1 Membedakan
4.2 Mengorganisasikan
4.3 Mengatribusi
5.0 Sintesis
5.1 Produksi komunikasi yang khas
5.2 Produksi rencana, atau seperangkat pelaksanaan
kegiatan
5.3 Penerjemahan seperangkat hubung-an abstrak
5.0 Mengevaluasi - Membuat penilaian berdasarkan
kriteria dan standar.
5.1 Memeriksa
5.2 Mengkritisi
6.0 Evaluasi
6.1 Evaluasi dengan bukti internal
6.2 Evaluasi dengan kriteria eksternal
6.0 Menciptakan – Memadukan unsur-unsur /bagianbagian ke dalam sesuatu yang baru dan utuh atau
untuk membuat sesuatu produk yang orisinil.
6.1 Merumuskan/membangun
6.2 Merencanakan
6.3 Memproduksi
No comments:
Post a Comment
Terimakasih telah memberikan komentarnya