Sabtu, 12 Maret 2022

LATIHAN SOAL PRETEST PPG GURU KELAS SD LENGKAP DENGAN KUNCI

 Assalamulaikum wrwb, 

Bapak/Ibu guru yang saya hormati, sebagai ikhtiar agar PPG yang akan kita hadapi dalam waktu dekat ini berjalan lancar dan sesuai harapan, berikut beberapa latihan soal pretest PPG untuk guru kelas SD tahun 2022 sebagai referensi latihan dan gambaran agar kita dapat lebih siap dalam menghadapi pretest PPG daljab ataupun PPG prajab,  mudah-mudahan bermanfaat. Jika bapak ibu berkenan silahkan juga kunjungi info seputar akun belajar id dan PPG pada channel youtube saya 

https://www.youtube.com/channel/UCnIGwnmxa_NTKl2QuCTCmFA/videos

Yuk langsung saja kita pelajari soal berikut ini:

1)               Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...

A.     Tahap sensorimotorik

  B.  Tahap praoperasional         

C.     Tahap operasional konkrit

D.     Tahap operasional konkrit

 2)               Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan ...

     A.  Kecerdasan Bahasa (linguistic)      

B.     Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)

C.     Kecerdasan Ruang (spatial)

D.     Kecerdasan Gerak Tubuh

 3)               Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan ...

A.     pengayaan materi pelajaran

B.     refleksi

C.     latar belakang peserta didik

D.     tes awal (pre-test)

 

4)               Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah ...

A.     Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.

B.     Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.

   C.  Menganalisis kemampuan peserta didik        

D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan belajar lainnya )


5)               Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...

A.     Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal

B.     Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.

C.     Menggunakan strategi pembelajaran

D.     Hanya menggunakan teknik pembelajaran

 

 

6)               Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)

Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...

A.     Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.

B.     Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.

C.     Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.

D.     Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan

 

7)               Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...

A.     membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri

B.     diskusi dan sharing diantara peserta didik

C.     pembelajaran didominasi arahan dari guru

D.     proses penyampaian materi secara verbal

 

 

8)               Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……

A.     Tantangan internal dan Eksternal

B.     Responsibility

C.     Reinforced

D.     Enriched


9)               Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu

……..

A.     kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk , dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya

 

B.     Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa

 

C.     Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan

D.     Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

 

10)         Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

A.     Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni

B.     Relevan dengan kebutuhan kehidupan

  C.  Menyeluruh dan berkesinambungan        

D. Beragam dan terpadu

 


KUNCI JAWABAN

 

1. B

35. B

69. B

2. A

36. A

70. A

3. D

37. C

71. A

4. C

38. B

72. A

5. B

39. C

73. B

6. A

40. D

74. A

7. B

41. A

75. B

8.    A

42. C

76. A

9.    C

43. C

77. A

10. C

44. B

78. C

11. D

45. D

79. D

12. B

46. B

80. D

13. C

47. C

81. B

14. A

48. C

82. D

15. C

49. D

83. B

16. A

50. C

84. C

17. C

51. A

85. D

18. D

52. C

86. D

19. C

53. A

87. D

20. A

54. A

88. C

21. D

55. B

89. A

22. D

56. B

90. A

23. B

57. B

91. B

24. D

58. C

92. A

25. C

59. B

93. C

26. A

60. B

94. C

27. B

61. D

95. A

28. D

62. C

96. D

29. A

63. D

97. A

30. B

64. B

98. C

31. A

65. B

99. B

32. A

66. C

100. B

33. C

67. A

 

34. D

68. D

 

BAGI BAPAK/IBU YANG BERKENAN MENGUNDUH VERSI LENGKAP 100 SOAL, SILAHKAN KLIK TAUTAN DI BAWAH INI:

 FORMAT PDF LEBIH LENGKAP

KLIK INI

 

 ATAU DAPAT DIUNDUH DI

SOAL PRETEST PPG 2022 (FORMAT WORD)

 

 

 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentarnya

Rakor 17 Mei 2024

Undangan Rakor KS Lomba-lomba FLS2N Prov (daring) Unggah video maksimal 30 Juni 2024 OSN Uji coba 20 Mei Pelaksanaan tingkat kabupaten, 27-2...